Skip to main content
Apa itu NARKOBA ?

Saat ini bahaya dan dampak narkoba pada keluarga dan lingkungan sekitar kita sangat meresahkan. Sebenarnya dibalik sisi negatif narkoba terdapat sisi positif dari narkoba. Seperti yang sudah banyak diketahui, beberapa obat-obatan yang masuk dalam jenis narkoba dapat digunakan dalam tindakan medis dan proses penyembuhan di bidang kesehatan. Namun jika pemanfaatannya berlebihan, akan menimbulkan efek negatif bagi orang yang mengkonsumsinya. Dengan adanya fakta tersebut, di sini akan dijelaskan tentang apa itu narkoba dan jenis-jenisnya.

NARKOBA adalah singkatan dari narkotika psikotropika dan bahan adiktif

APA ITU NARKOTIKA???

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semisintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang dibedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang. (UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika)

  • Golongan I

Narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan.

Contoh: Ganja, opium, kokain, heroina

  • Golongan II

Narkotika yang berkhasiat pengobatan,digunakan sebagai pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan.

Contoh: Metadona, Morfina

  • Golongan Ill

Narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan.

Contoh: Kodeina, Nikodikodina

 

APA ITU PSIKOTROPIKA???

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan prilaku. (UU No. 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika)

  • Golongan I

Psikotropika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan.

Contoh: Deskloroketamin, Flualprazolam

  • Golongan II

Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan.

Contoh: Amineptina, Etizolam

  • Golongan III

Psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi sedang mengakibatkan sindroma ketergantungan.

Contoh: Amobarbital, Flunitrazepam

  • Golongan IV

Psikotropika yang berk hasiat pengobatan dan sangat luas digunakan dalam terapi dan atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan sindroma ketergantungan.

Contoh: Diazepam, Triazolam

 

APA ITU BAHAN ADIKTIF???

Bahan adiktif adalah bahan/zat yang berpengaruh psikoaktif di luar Narkotika dan Psikotropika dan dapat menyebabkan kecanduan.

Golongan Bahan Adiktif

  • Minuman Alkohol
  • lnhalasi (gas yang dihirup) dan solven (zat pelarut) mudah menguap berupa senyawa organik, yang terdapat pada berbagai barang keperluan rumah tangga, kantor, dan sebagai pelumas mesin. Yang sering disalahgunakan adalah lem, tiner, penghapus cat kuku, dan bensin.
  • Tembakau, pemakaian tembakau yang mengandung nikotin sangat luas di masyarakat. Rokok sering menjadi pintu masuk penyalahgunaan narkotika.
  • Dan lain-lain

Itu tadi adalah pengertian tentang narkoba dan beberapa jenis penggolongannya. Narkoba memiliki bahaya yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jika disalahgunakan. Nah, kalian perlu waspada dan jangan sampai coba-coba ya.

Terkait

Kirim Tanggapan