Skip to main content
Artikel

PENTINGNYA SOSIALISASI NARKOBA KEPADA MASYARAKAT.

Dibaca: 966 Oleh 12 Jul 2021Tidak ada komentar
berita dan artikel 1

Permasalahan penyalahgunaan narkoba mempunyai dimensi yang luas dan kompleks, baik dari sudut pandang medik, psikiatri, kesehatan jiwa maupun psikososial (ekonomi, politik, sosial budaya, kriminalitas dan sebagainya). Penyalahgunaan narkoba merupakan fenomena sosial yang telah lama menjadi masalah sosial di masyarakat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penyalahguna yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri. Permasalahan penyalahguna narkoba adalah permasalahan yang tidak bisa hilang hanya dengan melakukan pemberantasan saja, namun perlu adanya edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat secara umum. Dalam mengantisipasi potensi penyalahgunaan narkotika, BNN berupaya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak buruk narkotika dan cara menghindari penyalahgunaan narkoba.

Maka dari itu sosialisasi dan pemahaman bahaya narkoba bagi masyarakat sangat penting karena dengan begitu masyarakat dapat memiliki pemahaman yang sama yaitu penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba tidak boleh dilakukan karena dapat menimbulkan masalah dan efek negatif yang lebih besar. Sosialisasi atau penyuluhan mengenai narkoba tidak dapat dilakukan oleh BNN sendiri. Keterlibatan Pemerintahan Desa, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan keluarga sangat penting dalam membantu BNN memberantas penyalahgunaan narkoba karena penyalahgunaan narkoba bisa dilakukan melalui apa saja dan dimana saja.  Maka dari itu, diperlukan sinergitas antar stakeholder agar permasalahan sosial penyalahgunaan narkoba dapat diatasi bersama.

BNN Kota Mojokerto juga melaksanakan kegiatan Informasi dan Edukasi P4GN salah satunya melalui sosialiasi. Jika masyarakat hendak menggandeng BNN Kota Mojokerto dalam kegiatan sosialisasi silahkan datang langsung ke Kantor BNN Kota Mojokerto di Jalan Surodinawan Nomor 09, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto – 61328. Kami siap membantu masyarakat dalam memberikan sosialisasi dan penyuluhan terkait bahaya penyalahgunaan narkoba.

 

Penulis : Dian Bagas Pratama Saputra

Terkait

Kirim Tanggapan