Skip to main content
Artikel

APA ITU NARKOBA DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

Dibaca: 1800 Oleh 09 Jul 2021Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional

NARKOBA merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya yang didefinisikan sebagai bahan atau zat yang dimasukkan ke dalam tubuh seseorang dengan berbagai cara seperti diminum, dihirup, atau disuntikkan. Saat ini tingkat prevalensi penyalahgunaan Narkoba cukup tinggi yang membuat banyak penyalahguna narkoba justru terjebak dalam jeratan obat-obatan terlarang ini. Rasa kecanduan narkoba tersebut seiring waktu dapat merusak kesehatan fisik maupun psikis penggunanya atau bahkan keselamatan diri penggunanya.

Dampaknya fisiknya bisa seperti gangguan pada sistem saraf dan membuat penggunanya  kejang-kejang, halusinasi dan gangguan kesadaran. Lalu sering sakit kepala, mual-mual, muntah, suhu tubuh meningkat, dan sulit tidur. Dampak psikisnya bisa berupa sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan, lamban kerja, ceroboh, dan sering tegang serta gelisah. Dampak terakhir dan paling berbahaya adalah kematian, yaitu ketika pecandu menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdose. Dampak fisik dan psikis berhubungan erat karena ketergantungan fisik akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa apabila pecandu tidak mengkonsumsi narkoba dan akan terjadi dorongan keinginan yang sangat kuat untuk mengkonsumsi narkoba.

Lalu bagaimana kita mengatasi permasalahan yang dihadapi pecandu narkoba? Pertama, kita dapat melakukan pemeriksaan. Pada tahap ini, asesor dan tenaga medis akan memeriksa kondisi pecandu narkoba. Mereka akan melihat sejauh mana si pecandu mengalami kecanduan, dan efek samping yang sudah dialami. Jika telah diketahui masalahnya, tenaga medis akan memberikan obat-obatan untuk menghilangkan efek-efek tersebut. Lalu selanjutnya akan dilakukan detoksifikasi. Selama menjalani tahap detoksifikasi, pecandu narkoba akan diminta untuk berhenti mengkonsumsi narkoba. Banyak pecandu juga akan merasa gelisah dan tertekan akibat tidak ada asupan obat yang biasanya menenangkan. Terakhir adalah tahap stabilisasi, pecandu narkoba akan diberikan resep obat untuk membantu pemulihan dalam jangka panjang. Tahap ini juga mencakup konseling tentang rencana kehidupan dalam jangka panjang dan kestabilan mental si pecandu.

Sangat penting dukungan dari orang sekitar, baik keluarga maupun teman dekat untuk mempercepat proses pemulihan pengguna narkoba. Selain itu BNN Kota Mojokerto dapat membantu penyalahguna narkoba untuk lepas dari kecanduan Narkoba dengan cara menghubungi kantor BNN Kota Mojokerto di Nomor (0321 – 5285078) atau datang langsung ke Kantor BNN Kota Mojokerto di Jalan Surodinawan Nomor 09, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Bahaya narkoba berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental penggunanya. Oleh karena itu, jangan sesekali mencobanya. Narkoba bukanlah jawaban atas masalah, melainkan dapat menimbulkan masalah dan efek yang lebih besar.

 

Dian Bagas Pratama Saputra.

Terkait

Kirim Tanggapan