Skip to main content
EdukasiPencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

Bentengi Diri dari Bahaya Narkoba

Dibaca: 43 Oleh 23 Jun 2022Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional

Halo sober asyik,

Banyak sekali alasan yang menjadi latar belakang seseorang menggunakan narkoba, namun apapun alasannya penyalahgunaan narkoba tetap membawa dampak buruk bagi manusia.

Lalu Mengapa kita harus menjauhi narkoba?

  1. Menyebabkan kecanduan

Saat seseorang mengkonsumsi narkoba, maka dia akan selalu ingin mengkonsumsinya lagi dan lagi. Apalagi jumlah yang dikonsumsi akan selalu bertambah. Jadi jangan coba coba yaa

  1. Merusak tubuh

Kandungan yang ada di dalam narkoba jika dikonsumsi terus menerus akan berdampak negatif bagi tubuh. Salah satunya akan merusak organ-organ yang ada dalam tubuh kita.

  1. Merusak masa depan

Jika seseorang sudah mengkonsumsi narkoba, maka kehidupan dia akan berantakan. Sekolahnya akan terabaikan. Sehingga cita-citanya akan sulit diraih

  1. Berurusan dengan Hukum

Penyalahgunaan narkoba sudah ada dasar hukumnya, jadi setiap orang yang menyalahgunakan narkoba harus bersiap-siap untuk berurusan dengan aparat penegak hukum dan hukum yang berlaku di Indonesia

Bagaimana upaya yang dapat dilakukan anak-ank untuk terhindar dari bahaya narkoba?

  1. Pilihlah teman yang baik

Jangan sampai memilih teman yang nantinya akan merugikanmu. Pilih teman yang sering mengajakmu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat

  1. Lakukan pola hidup sehat : olahraga, makan makanan bergizi

Menjaga hidup sehat dapat membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Bila selalu sehat, kita akan terus semangat menjalani aktivitas kita sehari hari.

  1. Lakukan kegiatan positif untuk mengisi waktu luang

Lakukan kegiatan seperti membaca buku, bermain sepak bola, melukis, dan lain sebagainya. Pilih kegiatan sesuai hobi kamu ya.

  1. Menolak ajakan yang dianggap tidak baik / biasakan menolak sesuatu yang tidak kita tahu

Kita harus selalu waspada terhadap orang baru atau orang asing yang kita tidak kenal ya. Terutama jika orang tersebut mengajak untuk melakukan hal hal yang mencurigakan. Katakan TIDAK pada mereka.

  1. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal

Biasakan lebih protektif atau lebih membentengi diri dengan orang-orang yang baru kalian kenal. Karena kalian belum tau apakah orang itu baik atau tidak.

  1. Tingkatkan spiritual diri

Rajinlah beribadah sesuai agama dan kepercayaan kalian. Ingat tidak ada agama yang membenarkan penyalahgunaan narkoba.

Nah, itulah tadi alasan mengapa kita harus menjauhi narkoba dan bagaimana sih cara kita agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Jadi tetap waspada ya. Jangan sampai terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Jaga dirimu, mari bersama menuju Indonesia bersih narkoba.

Kirim Tanggapan