Skip to main content
EdukasiPencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

Cegah Narkoba Mulai Dari Keluarga

Dibaca: 22 Oleh 14 Jun 2022Juni 19th, 2022Tidak ada komentar
Cegah Narkoba Mulai Dari Keluarga

Cegah Narkoba Mulai Dari Keluarga

Upaya yang dirasa paling efektif dalam mencegah penyalahgunaan narkoba sejak dini adalah melalui keluarga. Karena keluarga merupakan wadah utama dalam proses anak bersosialisasi menuju kepribadian yang dewasa. Keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak-anak dari berbagai macam ancaman, salah satunya masalah narkoba.

Keluarga yang penuh kasih sayang sebenarnya sudah melaksanakan salah satu dari proses pencegahan. Anak yang tumbuh dengan penuh kasih sayang dan rasa aman dari keluarga, akan berdampak baik baik anak. Selain itu dengan adanya kesempatan untuk menyatakan perasaan dan mengeluarkan pendapat serta dididik untuk mengambil keputusan yang bijaksana, secara tidak langsung akan membentuk pribadi anak yang positif. Karena anak akan merasa cukup dan bahagia dengan apa yang diberikan keluarganya. Sehingga kemungkinan untuk mencari kebahagiaan dengan hal – hal yang negatif seperti penyalahgunaan narkoba juga akan sangat kecil. Lebih lengkapnya akan dijelaskan dalam penjelasan di bawah ini.

Berikut ini adalah peran keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba:

  • Pendidikan nilai agama dan akhlak

Pendidikan agama dilingkungan keluarga sangat besar peranannya dalam pembentukan akhlak bagi anak-anak, karena dilingkungan keluarganyalah anak-anak pertama kali menerima pendidikan yang dapat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Agar anak-anak memiliki akhlak yang baik dan terhindar dari pelanggaran-pelanggaran moral, maka perlu adanya pembinaan agama sejak dini kepada anak-anak dalam keluarga.

  • Perhatian dan kasih sayang

Manfaatkan setiap waktu luang meski sekedar berkumpul bersama untuk saling bercerita. Dengan hal ini orang tua bisa mengetahui apa keluh kesah yang dialami anak untuk dapat saling memberikan support. Dengan begitu, diharapkan setiap anggota keluarga khususnya anak merasa mendapatkan perhatian penuh dari orang tua. Karena salah satu hal yang memicu anak mendekati narkoba karena kurangnya perhatian kepada mereka, sehingga mereka merasa terabaikan dan tidak berharga.

  • Komunikasi yang baik

Orang tua tidak perlu segan dalam berkomunikasi dengan anak. Komunikasi memang menjadi hal yang sangat krusial, apalagi bila dihadapkan pada posisi sang anak yang tengah beranjak remaja. Komunikasi intens antara orang tua dan anak sangat penting untuk memberikan pemahaman terhadap anaknya.

Orang tua harus menjadi pendengar yang baik bagi anak-anaknya. Memasuki usia remaja, problematika hidup mulai dirasakan oleh anak. Di sinilah peran orang tua harus hadir dan siap memberikan solusi atas masalah yang dihadapi.

  • Tidak mengekang anak, tetapi tetap memberikan pengawasan dan bersikap bijaksana

Sebagian orang yang merasa ketakutan kerap memasang aturan yang terlalu mengekang. Langkah ini justru akan memicu pemberontakan dari sang anak. Ditakutkan dapat menimbulkan kesalahpahaman yang menjerumuskan mereka pada hal-hal buruk.

Peran pengawasan dari orang tua juga sangat penting dalam berkembangnya anak. Dengan menjadi teman baik bagi anak, orang tua tentunya dapat lebih mudah dengan memberikan pemahaman tentang narkoba. Diharapkan kesadaran anak terbentuk dari pengawasan dan perhatian orang tua yang telah diberikan.

  • Mengetahui kebutuhan anak dan selalu ada ketika anak membutuhkan

Jika hal ini tidak dilakukan, menyebabkan anggota keluarga khususnya anak akan mencari orang lain (bukan keluarga). Dimana anak berharap orang lain inidapat membantu untuk melepaskan segala permasalahan yang dialaminya. Sebagai pencegahan, perbaiki komunikasi dalam keluarga. Sehingga anak akan merasa dia selalu diperhatikan oleh orang tuanya.

  • Memberi dorongan agar anak berprestasi

Selain menginformasikan dampak negatif narkoba, Anda juga perlu membantu anak mengembangkan potensi diri. Membiasakan anak untuk mengisi waktu mereka dengan hal-hal bermanfaat dapat menghindarkan mereka pada perilaku yang negatif. Misalnya dengan berolahraga, membaca buku, mengikuti komunitas peduli lingkungan, dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa didekatkan dengan kelompok atau komunitas di lingkungan sekitar yang baik dan sesuai dengan minat mereka masing-masing. Apalagi kalau mereka menaruh minat pada kegiatan positif yang akan membawanya pada masa depan yang lebih cemerlang.

Dari penjelasan di atas, diharapkan orang tua dan anggota keluarga yang lain dapat memanfaatkan setiap momen dengan keluarga. Baik itu menunjukkan kasih sayang, perhatian dan perlakuan dalam mendidik anak yang baik. Jika semua peran tersebut sudah dilakukan, diharapkan semua anggota keluarga khususnya anak dapat terhindar dari jeratan penyalahgunaan narkoba. Di masa depan, anak-anak ini dapat terus meraih mimpinya serta mampu membahagiakan dan membanggakan keluarga khususnya orang tua. Jaga keluargamu, mari bersama menuju Indonesia bersih narkoba.

Terkait

Kirim Tanggapan