Skip to main content
Artikel

Keluargaku, Pahlawanku.

Dibaca: 9 Oleh 10 Nov 2021Desember 31st, 2021Tidak ada komentar
Keluargaku, Pahlawanku.
Keluargaku, Pahlawanku.

Kegiatan Fasilitasi Pelaksanaan Program Keahanan Keluarga Di Kota Mojokerto Pada 3 Juli 2021.

Setiap tahun bangsa Indonesia memperingati tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Selain itu, untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia khususnya rakyat Surabaya yang terlibat dalam pertempuran di Surabaya. Pertempuran Surabaya sebagai simbol nasional perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Namun, sosok pahlawan tidak hanya mereka yang melawan penjajah. Mereka yang rela berkorbang dan berjuang memberikan yang terbaik untuk sesuatu atau orang-orang yang dicintai juga pantas disematkan gelar pahlawan. Pribadi bersifat pahlawan ini banyak di sekitar kita.

Dalam kehidupan keluarga, orang tua merupakan sosok yang berperan sebagai pahlawan. Pahlawan keluarga adalah mereka yang berusaha memajukan keluarganya, menjadikan keluarga lebih sejahtera, anggotanya sehat secara fisik dan psikologis dan mendorong setiap individu berkembang. Selaras dengan hal tersebut, BNN memiliki program Intervensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba. Program tersebut diharapkan berdampak signifikan pada peningkatan kemampuan pengasuhan orang tua, peningkatan resiliensi anak serta penurunan perilaku negatif anak. Sasaran kegiatan ini berfokus kepada meningkatnya daya tangkal keluarga terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Keterlibatan keluarga dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba merupakan dukungan moril yang dibutuhkan oleh setiap anak. Komunikasi yang baik dan terbuka antara orang tua dengan anggota keluarga adalah factor perlindungan yang paling handal dalam mencegah anggota keluarga terkena pengaruh buruk bahaya penyalahgunaan narkotika. Melalui program Intervensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba diharapkan menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan program P4GN.

 

Penulis           : Nur Fahita / Penyuluh Narkoba

Terkait

Kirim Tanggapan