Skip to main content
Artikel

REMAJA TEMAN SEBAYA ANTI NARKOTIKA DI KOTA MOJOKERTO.

Dibaca: 15 Oleh 28 Okt 2021Desember 31st, 2021Tidak ada komentar
REMAJA TEMAN SEBAYA ANTI NARKOTIKA DI KOTA MOJOKERTO.
REMAJA TEMAN SEBAYA ANTI NARKOTIKA DI KOTA MOJOKERTO.

REMAJA TEMAN SEBAYA ANTI NARKOTIKA DI KOTA MOJOKERTO.

Ancaman narkoba semakin lama semakin meningkat, bukan hanya di Indonesia saja tetapi hamper di seluruh negara mengalami permasalahan ini. Narkoba telah masuk pada seluruh elemen masyarakat tanpa memandang status, tingkat pendidikan maupun tingkat ekonomi. Bahkan jika ditinjau dari segi usia penyalahguna narkoba, semakin lama kecenderungan para penyalahguna didominasi oleh generasi muda. Penyalahgunaan oleh generasi muda khususnya remaja termasuk dalam bagian kenakalan remaja sebagai bentuk ketidakmampuan remaja menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial mereka. Dalam pergaulan sehari-hari dapat diketahui bahwa perkembangan remaja tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan keluarga saja, melainkan juga lingkungan termasuk teman sebayanya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Tidak dapat dipungkiri bahwa teman sebaya membawa pengaruh luar biasa bagi perkembangan anak baik perkembangan positif maupun negatif.

REMAJA TEMAN SEBAYA ANTI NARKOTIKA DI KOTA MOJOKERTO.

Merujuk pada kondisi yang demikian, pemerintah melalui BNN memiliki program yang menjangkau generasi muda khususnya remaja. Upaya penjangkauan ini sebagai bentuk upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba sehingga bisa diterima secara lebih luas. Program tersebut adalah Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika. Program tersebut dilaksanakan melalui kegiatan dialog interaktif guna memberikan pemahaman serta mengembangkan kemampuan aplikatif kepada remaja dalam menciptakan hubungan pertemanan yang adaptif dalam menolak penyalahgunaan narkoba. Manfaat kegiatan ini agar remaja yang dilatih memiliki kesiapan untuk bersih dari narkoba, menumbuhkan kepercayaan diri dalam hidup bersosial sehingga akan memperkuat citra positif remaja.

Program Pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika juga dilaksanakan di Kota Mojokerto melalui pembentukan 10 remaja perwakilan dari PIK-R SMPN 4 Mojokerto, PIK-R SMPN 3 Mojokerto, Forum Anak Kelurahan Prajurit Kulon, Forum Anak Kelurahan Miji dan Forum Anak Kelurahan Balongsari. Diharapkan mereka bisa menjadi role model bagi teman sebaya lainnya, baik dalam sikap maupun kepribadian untuk bersih dari narkoba.

 

Penulis           : Nur Fahita / Penyuluh Narkoba

Terkait

Kirim Tanggapan